Lalat Rumah

House fly/ Lalat rumah (Jenis Lalat besar)

Jenis penyusup sesekali > Serangga terbang

Bentuk Morfologi

Panjang badan berkisar 6 -8 mm, memiliki badan berwarna hitam keabu-abuan, dan ada empat garis hitam di bagian belakang dada depan. Betina memiliki mata majemuk yang lebih lebar dibandingkan dengan jantan. Lalat rumah memiliki 2 tanda kotak kuning di perutnya.

Lingkungan berkembang biak

Tempat sampah, Tempat pembuangan sampah, dan kotoran hewan di perternakan dan kandang unggas, dll.

Ekologi

Lalat dewasa memiliki umur berkisar 1 bulan, selama masa hidupnya lalat rumah dapat menaruh sekitar 50-150 telur. Periode telur berkisar 0.5-1 hari, periode larva berkisar 7 hari, sedangkan periode pupa berlangsung selama 4 hari.

Karakteristik
  • Dibandingkan dengan cahaya, lalat rumah lebih tertarik dengan bau busuk seperti trimetilamina (bau amis) dan bau produk susu dan makanan yang difermentasi.
  • Mereka cenderung berada dalam jarak sekitar 100-500m dari sumbernya. Namun, ketika habitat mereka meningkat, jarak tempuh mereka juga bisa semakin jauh, hingga 1 hingga 5 km.
  • Selain bakteri E. coli o -157, lalat rumah juga merupakan vektor dari bakteri keracunan makanan seperti Salmonella, dan berbagai patogen lainnya.
Tindakan Penanganan
  • Letakan sampah di sekitar fasilitas dalam wadah plastik yang tertutup rapat. Jangan biarkan lebih dari seminggu. Membersihkan tempat penyimpanan sampah juga penting.
  • Repellent untuk lalat yang mengandung essential oil tanaman yang tidak disukai lalat ditempatkan, akan menyulitkan lalat untuk mendekati area sekitarnya.
  • Jangan biarkan jendela dan pintu terbuka, periksa kondisi kipas ventilasi dan lubang pembuangan udara, dan pasang pintu kasa dan jaring anti serangga jika perlu
  • Di restoran dan fasilitas produksi yang memerlukan lingkungan yang bersih, pintu ganda dan tirai anti serangga dapat dipasang untuk mencegah lalat berpindah di antara area dalam ruangan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.