Kumbang Deatch Watch

Deatchwatch beetle/ Kumbang Deatch Watch (Cigarette beetle/kumbang rokok)

Tipe house hold > Lingkungan kering

Bentuk Morfologi

Berukuran sekitar 2-3mm dan memiliki warna coklat dan agak mengkilap. Telur berwarna putih berukuran kecil sekitar 0,3mm, larwa berwarna putih dan memiliki rambut-rambut pendek yang halus. Puppa berwarna putih atau kuning pucat dan memiliki panjang sekitar 3mm.

Lingkungan berkembang biak

Kumbang rokok memiliki memiliki makanan yang sangat luas, mereka memakan semua hewan dan tumbuhan kering, tetapi yang paling umum adalah tepung dan makanan olahannya, seperti tepung terigu, tepung beras, mie kering, biskuit, dan kembang gula. Lalu mereka juga memakan komoditi yang dihasilkan dari rempah-rempah seperti lada, juga buah-buahan kering, kentang kering, pakan ternak/ makanan hewan, pupuk dan bunga kering. Seperti asal muasal nama spesies ini, mereka juga memakan tembakau.

Ekologi
  • Kumbang jenis ini berkembang biak selama minimum 25 hari (di bawah 32.5 ℃). Namun, dapat bervariasi tergantung pada jenis makanan yang mereka makan.
  • Masa hidup kumbang dewasa adalah antara 10 ~ 25 hari, dan betina dapat bertelur hingga 100 telur (kumbang rokok)
Tindakan Penanganan
  • Sangat penting untuk memastikan pembersihan menyeluruh dan tidak meninggalkan bahan mentah atau residu produk.
  • Buang produk yang tidak dibutuhkan sesegera mungkin, seperti bahan baku yang tidak dibutuhkan, produk semi -, produk cacat, dll. 
  • Setelah dibersihkan, lakukan treatment dengan bahan kimia jika memungkinkan.
  • Pasang perangkap feromon (New Serrico) untuk menginvestigasi sumbernya, dan mengurangi populasi serangga dewasa. 
  • Serangga dewasa tertarik dengan cahaya, oleh karena itu memasang perangkap lampu seperti Gxmini juga merupakan tindakan yang dianjurkan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.