Psocid

Psocid

Tipe house hold > Lingkungan jamur

Bentuk Morfologi

Pada dasarnya psocid memilki badan yang sangat kecil yaitu berkisar 1mm. Psocid memiliki dua jenis, yaitu yang bersayap dan yang tidak memiliki sayap. Psocid memiliki warna coklat atau kuning muda

Lingkungan berkembang biak

Psocids menyukai jamur dan ragi, oleh karena itu infestasi Psocids dapat terjadi bila ada makanan yang berjamur. Selain itu, Psocids juga memakan kertas bekas dan lem, sehingga infestasi Psocids juga bisa ditemukan di buku dan wallpaper di lingkungan yang lembab. Psocids tanpa sayap paling umum ditemukan dalam makanan, terutama makanan kering seperti biskuit, keju, coklat, dll.

Ekologi

Tahap telur psocid berlangsung sekitar 14 hari dan tahap larva kurang lebih 16 hari. Psocids betina dapat bertelur sekitar 80 telur / bulan. Pertumbuhan dan reproduksi berhenti di bawah 18℃ atau di bawah kelembaban 60%. Selanjutnya, Umur serangga dewasa kurang lebih 6 bulan (Psocids tanpa sayap: data dari family Conathatae).

Tindakan Penanganan
  • Tindakan pencegahan yang paling efektif terhadap Psocids adalah dengan mencegah timbulnya jamur, dan pengendalian suhu / kelembaban.
  • Namun, sulit untuk membrantas psocids hanya dengan pengontrolan suhu, karena Psocids dapat mengembangkan toleransi terhadap suhu dan kelembaban.
  • Menghilangkan jamur dan makanan yang berjamur
  • Penggunaan karbon dioksida adalah cara yang efektif jika terjadi infestasi berat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.