Semut

Semut

Penjelasan Umum

Semut merupakan istilah umum untuk serangga yang termasuk dalam keluarga Hymenoptera, dan terlibat dalam kehidupan sosial keluarga yang berpusat pada ratu semut. Sekitar 9.000 spesies tercatat di seluruh dunia, dan sekitar 260 spesies tersebar di Jepang. Ini adalah salah satu kelompok hewan darat yang paling makmur dan sering ditemukan di daerah yang dihuni tumbuhan. Sebagian besar omnivora, tetapi kebiasaan makan sedikit berbeda tergantung pada spesiesnya, ada juga beberapa spesies yang karnivora. Banyak spesies dari semut yang melakukan perkawinan sebagai aktivitas berkembang biak sekali atau dua kali dalam setahun.

Jenis semut yang umum
(ア) Pharaoh ant/ Semut firaun: Semut kecil berwarna kuning pucat dan memiliki panjang tubuh sekitar 2 mm. Karena banyaknya semut ratu di sarang, sarang semut ini sangat subur dan terdapat banyak makanan pada sarangnya. Semut jenis ini biasanya mendiami rumah sakit dan gedung berpemanas, dan bersarang di celah beton.
(イ) Asian needle ant/ Brachyponera chinensis: Merupakan semut hitam panjang dengan panjang tubuh sekitar 4 mm. semut ini kemungkinan bersarang di kayu lembab di dapur dan kamar mandi, atau di celah-celah beton. Ia memiliki jarum racun di ujung perut dan menyebabkan rasa sakit saat ditusuk.
(ウ) Lasius japonicas: Semut coklat tua dengan panjang tubuh sekitar 3 mm, sering menyerang di dalam ruangan, berbondong-bondong mencari makanan dan berbagai hal lainnya, membuatnya tidak nyaman, bahkan terkadang menyerang ke produk yang berlistrik.
(エ) Ochetellus glaber: Merupakan semut kecil dengan panjang tubuh sekitar 2 mm dan berwarna hitam serta mengkilat. Ini adalah spesies yang membangun sarang kecil dan dapat bersarang di celah sekecilapapun didalam ruangan.
Tindakan Penanganan
  • Jika terdapat banyak tanaman atau pohon di dekat bangunan, semut akan dengan mudah menyerang, dan kayu bangunan rumah akan lebih cepat rusak. Jadi jaga agar area di sekitar bangunan berventilasi baik. Singkirkan kayu atau bahan bangunan yang busuk lebih awal atau ganti dengan yang baru.
  • Jika ada retakan atau celah di dinding, tutup celah tersebut dengan semen
  • Selanjutnya semprotkan aerosol insektisida berbentuk pada pintu masuk ruangan
  • Di tempat di mana semut sering terlihat, akan efektif untuk menempatkan bahan umpan untuk semut dan membawanya kembali ke sarang untuk memusnahkan sarang
  • Semprotkan dengan agen aerosol semut yang kuat di tempat dekat sarang, seperti di celah atau tempat semut sering datang dan pergi, dan di bawah lantai.
  • Untuk semut terbang, Jangan membuka jendela atau akses, terutama setelah malam hari. Jika jumlah semut intruder banyak, matikan lampu penerangan.
  • Selain itu, pasang perangkap lampu di tempat yang tidak menyebabkan kebocoran cahaya ke luar ruangan agar tidak menarik semut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.