Midge

Midge (Jenis lalat kecil)

Jenis penyusup sesekali > Serangga terbang

Bentuk Morfologi

Biasanya midge dewasa yang banyak di Indonesia memiliki panjang berkisar antara 3-7mm. memiliki warna hitam kecoklatan. Biasanya terdapat dua antenna dikepalanya dan memiliki bulu. Sekilas midge memiliki kemiripan dengan nyamuk, tetapi midge tidak memiliki belalai.

Lingkungan berkembang biak

Biasanya midge berkembang dilingkungan perairan, seperti sungai, danau, kolam, got, atau air pembuangan limbah, dll. Biasanya midge merupakan indikator air yang tercemar, karena mereka hidup di perairan yang kotor.

Ekologi

Midge memiliki umur yang pendek yaitu sekitar sebulan lebih, kebanyakan hidupnya di habiskan pada tahap larva yaitu berkisar satu bulan. Lalu tahap pupa berkisar 2 hari dan biasanya mereka akan hidup di area perairan sebelum menjadi dewasa.

Karakteristik
  • Berbeda dengan nyamuk, larva dari midge tidak mengapung, melainkan berada didalam air dan bernafas melalui insang.
Tindakan Penanganan
  • Dengan memperbaiki kualitas air dari lingkungan sekitar, tetapi pada kenyataanya ini sangat susah dilakukan dan memakan waktu yang banyak.
  • Penggantian cahaya dari cahaya putih ke kuning atau LED juga disarankan, ini hanya tindakan untuk mengurangi jumlah mereka untuk tidak menyusup, dikarenakan ada bebereapa jenis midge yang tertarik dengan lampu kuning dan LED.
  • Karena mereka suka menempel di dinding dan jendela, menyemprotkan aerosol ke dinding atau jendela juga dapat mengurangi midge untuk menyusup ke dalam ruangan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.